Latest News

SehatQ: 5 Manfaat Memakai Masker Kain yang Dapat Digunakan Kembali


Pemerintah Indonesia telah sejak lama mengumumkan bahwa masker wajah harus dan wajib untuk dipakai di tempat-tempat umum. Selain itu juga wajib untuk tetap menjaga Social Distancing dan juga sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Dan ini adalah sebagai bentuk standar wajib protokol kesehatan (prokes) di tempat umum seperti di transportasi umum, pasar, toko atau pusat perbelanjaan. 


Di Indonesia sendiri, banyak orang telah memproduksi masker kain yang dapat digunakan kembali dan akan membantu menghentikan atau meminimalisir penyebaran COVID-19. Dan lebih jauh lagi membantu melindungi kehidupan manusia di masa mendatang. Masker yang dapat digunakan kembali adalah yang terbaik jika dibandingkan dengan tidak menggunakan masker sama sekali. Tetapi itu bukan hanya pendapat ahli di bidang kesehatan, berikut ini review dan beberapa alasan mengapa masker yang dapat digunakan secara terus menerus direkomendasikan oleh pemerintah kita.

SehatQ: 5 Manfaat Memakai Masker Kain yang Dapat Digunakan Kembali
SehatQ: 5 Manfaat Memakai Masker Kain yang Dapat Digunakan Kembali


Masker Bedah yang Sesuai Standar Langka dan Dibutuhkan Tenaga Medis

Masker bedah yang sesuai standar kesehatan atau biasa kita kenal dengan nama masker medis sempat kekurangan pasokan di seluruh dunia. Dan keberadaan masker jenis ini dibutuhkan oleh para dokter, perawat, dan profesional kesehatan yang bekerja sebagai garda terdepan untuk menyelamatkan nyawa mereka yang telah tertular COVID-19. Masker bedah atau masker medis ini tidak begitu diperlukan oleh masyarakat secara umum. Sehingga masker berbahan dasar kain akan melakukan tugas yang sama untuk mencegah cairan yang keluar dari hidung dan mulut ketika bepergian dan berpotensi menginfeksi orang lain.


Masyarakat Tidak Mampu untuk Membuang Masker Bedah dengan Benar

Masker bedah di rumah sakit harus dibuang dengan benar untuk menghindari kontaminasi dan pada umumnya masker bekas tersebut akan dibakar. Masyarakat umum tidak memiliki kemampuan untuk mengikuti pembuangan yang sesuai standar dan terstruktur semacam ini. Dan oleh karena itu masker tidak akan dibuang dengan benar, dan hal ini memilik resiko kontaminasi yang harus dihindari serta kemungkinan masker bekas yang dapat menyebabkan efek buruk pada lingkungan.


Masker Sekali Pakai Terbuat dari Bahan Sekali Pakai, yang Menambah Masalah Lingkungan

Secara mengejutkan, 150 juta ton plastik sekali pakai serta bahan yang sulit untuk diurai oleh tanah, terus diproduksi setiap tahun. Dengan meningkatnya penggunaan masker bedah atau masker medis sekali pakai oleh masyarakat umum dan karena tidak dibuang dengan benar, masker sekali pakai dapat menciptakan masalah lingkungan yang besar. Di pantai-pantai kita di seluruh Indonesia, banyak sampah yang termasuk masker ini sudah mengalir ke pantai-pantai tersebut. 


Hal semacam ini dapat mengancam satwa liar yang menghuni lautan kita. Masker dari bahan kain yang kita pakai ini tidak mengandung plastik atau bahan sekali pakai. Dan hal tersebut dapat membantu membatasi jumlah masker sekali pakai yang digunakan di seluruh dunia.


Masker Bahan Kain Membantu Menghemat Uang

Satu masker berbahan kain ini dapat digunakan kembali hingga berkali-kali. Ini berarti Anda menghemat masker karena dapat digunakan kembali daripada ketika Anda menggunakan masker sekali pakai. Selain itu Anda juga dapat menghemat uang dan menyimpan stok masker medis sekali pakai Anda untuk kondisi tertentu saja.


Anda Tidak Perlu Khawatir Membuangnya atau Kontaminasi yang Tidak Perlu

Masker sekali pakai banyak ditemukan jatuh di lantai, di pantai, dan di taman. Ini berarti bahwa masker tersebut di kemudian hari dapat menyebabkan bahaya kontaminasi lebih lanjut ketika ada orang yang mungkin secara tidak sengaja menyentuhnya. Masker kain yang dapat digunakan kembali saat ini ada yang dilengkapi dengan kantong yang dapat Anda isi dengan tisu untuk menambah perlindungan. Dan setelah digunakan, Anda bisa membuang tisu tersebut untuk menghindari kontaminasi. Selain itu, Anda juga dapat mencuci dan mengeringkan masker Anda untuk siap dipakai lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meraatdanesh.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.