Latest News

Manfaat Positif dan Dampak Negatif dari Minum kopi


Saat bicara mengenai minum kopi, beberapa orang akan berpikir jika itu merupakan minuman yang kurang sehat. Asumsi itu benar, kopi tidak baik buat kesehatan bila diminum terlalu berlebih. Tetapi, bila dikonsumsi dalam jumlahnya sedang, tidak kurang dari empat cangkir satu hari, kopi sebetulnya minuman yang aman yang bahkan bisa saja tawarkan beberapa manfaat kesehatan. Kopi memiliki kandungan banyak anti oksidan dan riset tunjukkan jika mengonsumsi kopi yang kaya anti oksidan bisa menghalangi penyakit yang dikarenakan oleh kerusakan oxidative. Kopi sudah diperlihatkan untuk tingkatkan kapasitas daya tahan dalam waktu kegiatan fisik yang lumayan lama.

Manfaat Positif Dari Minum Kopi 

Di bawah ini merupakan Manfaat dari minum kopi : 

1. Menyembuhkan Diabetes
Banyak riset tunjukkan jika minum kopi bisa turunkan risiko diabetes type 2 sampai 50%. Ini mungkin dikarenakan oleh chlorogenic acid dalam kopi yang sudah dapat dibuktikan untuk perlambat penyerapan gula dalam aliran pencernaan. chlorogenic acid merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang tingkatkan sensitivitas insulin. 

2. Kurangi Risiko Stroke
Suatu studi 2009 tunjukkan jika wanita yang minum seputar tiga cangkir kopi satu hari mempunyai peluang 20% lebih rendah alami stroke, dibanding dengan wanita yang minum kurang dari secangkir per bulan. Studi lain di golongan pria di Finlandia tunjukkan hasil yang sama. 

3. Cegah Kanker
Senyawa anti oksidan dalam kopi bisa menolong mencegah kanker tersendiri. Dalam satu riset di Jepang, wanita yang minum dua atau lebih cangkir kopi satu hari mempunyai risiko 25% lebih rendah dari kanker usus besar, dibanding dengan mereka yang tidak konsumsi kopi. Mengonsumsi kopi berkorelasi dengan penurunan risiko kanker kerongkongan, pharyngeal, mulut serta kulit. 

4. Cegah Batu empedu
Riset paling baru tunjukkan jika minum kopi tiap hari bisa kurangi risiko batu empedu. Cafein dalam kopi merangsang kontraksi kandung empedu serta turunkan konsentrasi cholesterol dalam empedu. 

5. Kurangi risiko Penyakit Liver/hati Kopi dapat turunkan risiko liver cirrhosis serta penyakit hati yang lain sebab anti oksidan serta cafein di dalamnya. Satu analisa dari sembilan studi temukan jika minum dua cangkir kopi satu hari bisa kurangi risiko sirosis hati sebesar 80%. 

6. Kurangi risiko penyakit Alzheimer
Beberapa studi tunjukkan jika orang yang minum seputar 3 cangkir kopi satu hari dengan relevan lebih kecil kemungkinannya untuk meningkatkan penyakit Alzheimer di masa datang, dibanding dengan mereka yang minum kopi dikit ataukah tidak ada. Beberapa periset temukan jika cafein dalam kopi bisa kurangi produksi protein beta-amyloid, deposito yang seringkali tercipta di otak pasien Alzheimer. 

7. Kurangi risiko penyakit Parkinson
 Satu studi 2007 temukan jika mereka yang minum paling tidak secangkir kopi satu hari mempunyai peluang 50% lebih rendah terserang penyakit Parkinson, tetapi studi pada wanita sudah memberikan keyakinan Nampaknya jika wanita yang jalani therapy hormon alternatif sudah tingkatkan peluang Parkinson waktu minum kopi , tapi mereka yang tidak jalani therapy itu tunjukkan faedah dalam langkah yang sama dengan lelaki. Satu keterangan yang mungkin untuk ketidaksamaan type kelamin mungkin jika estrogen serta cafein membutuhkan enzim yang sama untuk dimetabolisme, serta estrogen tangkap enzim itu. 

8. Tingkatkan peranan kognitif 
Wanita yang teratur minum kopi tertera pada tingkat lebih lamban dari penurunan kognitif. Satu riset di Prancis tunjukkan jika minum paling tidak tiga cangkir kopi satu hari bisa perlambat penurunan kognitif karena penuaan sampai 33 % pada wanita. Tetapi, faedah yang sama tidak diketemukan pada pria. Ini mungkin sebab wanita lebih peka pada cafein. 

Meskipun kopi mempunyai banyak faedah kesehatan, tapi bila dikonsumsi terlalu berlebih, bisa berperan untuk jantung berdebar, hipertensi, insomnia, serta permasalahan kesehatan yang lain. 

Dampak negatif minum kopi 

Diluar itu, cafein dalam kopi dapat tingkatkan risiko keguguran pada wanita hamil. Oleh karenanya, inspirasi yang baik buat wanita hamil untuk meminimalisir konsumsi cafein atau berhenti mengonsumsinya. 

Untuk mencegah dampak negatif dari kopi, kurangi konsumsi cafein Anda, atau berubah ke kopi tanpa ada cafein. , yakinkan selalu untuk konsumsi dua gelas air untuk tiap secangkir kopi yang Anda minum. Ini bisa meminimalisir dampak beresiko dari minuman cafein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meraatdanesh.com Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.