Meraatdanesh.com

Bermanfaat untuk Semua

Full width home advertisement

Bisnis

Properti

Post Page Advertisement [Top]


Menjelang lebaran atau mungkin musim liburan dan masa high season lainnya kebutuhan tiket kereta api dirasa menjadi air di tengah gurun. Sulit sekali untuk didapatkan apalagi oleh Anda yang minim persiapan untuk menyambut momen high season tersebut. Kereta dewasa ini memang sudah berubah wajah menjadi sebuah transportasi umum yang memuaskan pengguna jasanya. Jika dulunya gerbong dibuat selalu penuh muatan ibarat mengisi ember dengan air yang sudah penuh dan terbuang-buang. 

Maka saat ini naik kereta, bahkan untuk kelas ekonomi sekalipun dijamin bisa duduk dengan nyaman. Lebih-lebih di masa low season maka dijamin bisa selonjoran dan memanfaatkan kereta api untuk pindah rumah, saking leganya. Saat ini sistem tiket di kereta api dibuat per kartu identitas, jadi sebelum masuk ke area stasiun paling dalam tiket akan dicek. Tiket yang disediakan jumlahnya sesuai dengan jumlah kursi di dalam gerbong, sehingga bebas dari calo dan dipastikan duduk. 

Adanya aturan baru satu tiket satu kursi tentu membawa dampak bagi Anda, yakni berkurangnya jumlah tiket yang dibayar. Dulunya untuk berlibur naik kereta tidak perlu pusing, cukup datang di hari H dan langsung bisa naik kereta. Meskipun pada akhirnya harus berdiri di tengah gerbong dari stasiun keberangkatan sampai turun di stasiun tujuan. Kalau zaman sekarang kondisi seperti ini tidak akan dijumpai, ketika keretanya penuh maka tiketnya sudah tidak bisa dibeli. 

Persiapan Pesan Tiket Kereta di High Season 
Kalau punya rencana mudik, liburan, dan sebagainya di masa tiket kereta cepat habis pastikan sudah melakukan persiapan. Persiapan ini untuk memastikan tiket di tangan, diantaranya adalah: 

1. Instal aplikasi pemesanan tiket, 
Untuk mempercepat proses pemesanan tiket maka gunakan fasilitas online, salah satunya dengan menginstal aplikasi pemesanan ke handphone. Anda bisa menginstal aplikasi dari PT KAI atau aplikasi dari situs belanja online yang juga menyediakan fasilitas ticketing, supaya pemesanan bisa lebih cepat dan lancar. 

2. Siapkan tanggal pemesanan lebih awal, 
Merencanakan perjalanan jauh-jauh hari adalah langkah ideal ketika dilakukan di high season sebab selain tiket perjalanan susah didapat. Harga kebutuhan perjalanan ikut meroket naik, sehingga kalau minim persiapan siap-siap saldo tabungan tandas. Upayakan untuk melakukan pemesanan tiket lebih awal, apalagi pemesanan tiket untuk kereta api sudah bisa dilakukan tiga bulan lebih awal. Jadi tinggal hitung mundur dan siapkan tanggal pemesanan supaya tiket didapatkan. 

3. Siapkan budget dari sekarang, 
Pemesanan tiket untuk transportasi kereta api memang sudah dibuka sistem online meskipun sistem konvensional ke loket stasiun masih tersedia. Namun paling praktis adalah memesan secara online yang bisa dilakukan di rumah, di kantor, dan dimana saja. Usahakan menyiapkan budgetnya dari sekarang dan dibiarkan tersimpan di saldo rekening tabungan, untuk kemudahan membayar harga tiket yang sudah dipesan. Kalau memesan terlalu mepet malah harganya cenderung naik. 

4. Fleksibel dalam memilih kelas gerbong, 
Supaya tidak kesulitan mendapatkan tiket yang diinginkan di hari yang sudah ditentukan, maka bersikaplah fleksibel dalam memilih kelas kereta. Misal di awal Anda ingin kelas eksekutif namun ketika hendak memesan sudah habis dan tinggal kelas ekonomis, bisa pula sebaliknya. Usahakan memilih yang ada sebab pokok utamanya adalah bisa berangkat di hari yang sudah ditentukan tadi. Perbedaan harga yang tidak terlalu mencolok tentu bisa ditolerir, sehingga tiket kereta bisa dengan mudah didapatkan.

1 komentar:

  1. Sangat membantu, ini informasi yang bermanfaat. Good Job.

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]