Tips Memilih Jenis Mesin Sablon Kaos di Era Digital yang Tepat

Transfer Paper
Transfer Paper
Usaha sablon merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menguntungkan, apalagi melihat permintaan pasar yang semakin banyak. Hal ini tentunya telah didukung juga dengan keberadaan banyaknya jenis mesin sablon yang dapat membantu memperlancar usaha bisnis Anda. Perubahan berbagai mesin yang digunakan pada penyablonan tentunya didukung juga dengan kemajuan teknologi di era digital seperti sekarang ini. Mungkin jika melihat ke belakang alat yang digunakan sangat memakan waktu yang lama dalam prosesnya, tetapi sekarang ini banyak mesin yang dapat digunakan dalam proses yang lebih efektif dan efisien.

Efektif dan efisien dalam penyablonan sendiri bisa dilihat dari beberapa hal misalnya dapat membuat kaos dalam satuan, bisa membuat dengan berbagai pilihan warna, hasilnya dapat dikatakan persis seperti desain aslinya, tinta yang digunakan akan lebih tahan lama, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mendapatkan hal itu semua sekarang ini Anda bisa memilih beberapa jenis mesin yang tersedia, yaitu:

1. Transfer paper.

Sebenarnya jenis mesin satu ini sudah digunakan beberapa tahun lalu, cara pemakaiannya adalah dengan mencetak gambar desain ataupun tulisan yang Anda inginkan terlebih dahulu menggunakan kertas. Tetapi untuk kertas yang digunakan tidak sembarangan, dan kemudian ditransfer pada kaos dengan menggunakan mesin pemanas atau sering disebut juga heat press.

2. Cara sublimasi.
Kemudian ada cara yang tidak begitu beda dengan sebelumnya, langkah pertama Anda bisa menggambar terlebih dahulu pada sebuah media umumnya kertas. Setelah itu di rolling dengan menggunakan suhu minimal 200 Celsius pada bagian atas barang yang akan di sublim. Teknik satu ini akan menghasilkan secara maksimal jika menggunakan bahan polyester dan paling tidak cocok untuk bahan dari cotton.

3. Cara cutting.
Selanjutnya ada cara penyablonan dengan menggunakan teknik cutting, menggunakan printer dan juga mesin pemotong. Untuk setiap langkah dalam penggunaan mesin sablon ini juga tidak berbeda jauh dengan cara-cara sebelumnya, digambar terlebih dahulu diatas media kaos kemudian langsung di press memakai mesin press.

4. Menggunakan cara DTG.
Nah, terakhir ada mesin yang modern dan dapat dikatakan lebih efektif dan efisien dalam penggunaannya dari pada jenis sebelumnya. DTG sendiri kepanjangan dari direct to garment jadi cara menyablon kaos dengan menggunakan media transfer tinta spesial pada media kaos yang Anda inginkan. Cara kerjanya cukup mudah, Anda tinggal mendesain melalui komputer serta mesin DTG dan juga hot press bisa bekerja.

Tapi sekarang ini di beberapa pengusaha sablon lebih memilih untuk mengaplikasikan mesin DTG. Karena pada cara tersebut sangat berpengaruh pada waktu dan juga tenaga yang dibutuhkan dalam proses sampai dengan dihasilkan. Mereka lebih memilih yang paling cepat, untuk jenis mesin sebelum- sebelumnya memang lebih lambat dalam memproses. Jadi jika ditanya jenis mesin mana yang paling cocok di era digital seperti sekarang ini sangat disarankan memilih mesin DTG. Selain lebih cepat hasil sablonnya juga lebih bagus, warna yang awet serta tidak mudah sirna.

Jika Anda akan memulai bisnis tersebut bisa langsung mendapatkan mesinnya di beberapa tempat, baik situs belanja online ataupun konvensional. Untuk mendapatkan yang terbaik Anda bisa membandingkan terlebih dahulu dari toko satu dengan lainnya baik dari kualitas, penampilan sampai dengan harga yang ditawarkan. Dengan pemilihan mesin sablon yang tepat tentunya akan berpengaruh juga pada pendapatan ataupun keuntungan yang bisa Anda peroleh setiap bulannya.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top