Kenali Penyebab Mesin Cuci Bermasalah di Rumah

Mesin cuci merupakan salah satu barang elektronik yang paling dibutuhkan saat ini khususnya bagi kaum ibu rumah tangga. Kalau jaman dulu mencuci dengan cara yang tradisional menggunakan papan. Sekarang ini Anda tidak perlu menguras banyak tenaga, gunakan saja mesin cuci. Selain berfungsi sebagai tempat mencuci, ternyata mesin cuci saat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengering. Dengan kehadiran mesin cuci di rumah tentu akan meringankan pekerjaan bagi kaum ibu. 
Mesin cuci yang digunakan setiap hari, pada suatu saat akan mengalami penurunan kinerja. Hal ini akan menyebabkan mesin cuci bermasalah, tak sedikit juga yang mengalami kerusakan. Kerusakan pada mesin cuci dapat dialami oleh siapa saja. Akan tetapi, terkadang ada beberapa kerusakan yang tidak terlalu parah dan memungkinkan untuk Anda atasi sendiri. Berikut adalah kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci beserta cara sederhana untuk mengatasinya. 

Mesin cuci tidak berputar 
Mesin cuci yang tidak berputar merupakan masalah yang sering terjadi di masrayakat. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Masalah mesin cuci yang tidak berputar dapat disebabkan oleh mesin cuci yang tidak dapat menerima daya listrik, ketidakseimbangan beban atau kopling penggerak motor mesin cuci yang rusak. Apabila penyebab mesin cuci tidak berputar adalah beban yang tidak seimbang, maka Anda dapat mengurangi pakaian yang dicuci. 

Bila mesin cuci tidak mau berputar karena tidak mampu menerima daya listrik, segera periksa mesin cuci dengan cara melihat kabel mesin cuci yang terhubung pada listrik. Bila ada kabel yang putus, segera mengganti kabel tersebut dengan yang baru. Apabila mesin cuci masih tidak berputar, kerusakan mungkin terjadi pada motor penggerak atau tombol mesin. Segera hubungi jasa service mesin cuci untuk membetulkan mesin cuci Anda sebelum mengalami kerusakan yang lebih parah. 

Mesin cuci tidak membilas hingga bersih 
Masalah yang satu ini juga sering terjadi pada mesin cuci kebanyakan. Hal ini bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak memasukkan pakaian kedalam mesin cuci. Biasanya setelah Anda membilas pakaian dengan mesin cuci, akan nampak residu deterjen yang melekat pada pakaian. Hal tersebut dikarenakan mesin tidak mampu membilas pakaian dengan baik. Masalah ini bisa terjadi karena beban pakaian yang overload alias kelebihan. Selain itu, masalah ini juga dapat terjadi karena mesin cuci tidak menerima pasokan air dengan baik. Atasi masalah ini dengan cara memerika pasokan air yang terhubung dengan selang pengisian air bersih. Apakah pasokan air seimbang dengan jumlah pakaian? Selain itu pastikan bahwa selang pembuangan air tidak tersumbat dan mampu membuang air hingga bersih. 

Mesin cuci mengalami kebocoran  
Masalah mesin cuci yang bocor cukup umum terjadi di rumah. Indikator yang paling mudah ditemui yaitu ketika sedang mencuci pakaian, air menetes dari mesin cuci. Cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan mengganti selang pengisian atau pembuangan air dengan yang baru. Sebaiknya memasang selang dengan rapat ya.  Untuk menghindari masalah yang terjadi pada mesin cuci, Anda dapat melakukan cara pemakaian mesin cuci yang tepat dan melakukan perawatan yang dibutuhkan oleh mesin cuci tersebut. 

Mencegah kerusakan pada mesin cuci juga dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti menggunakan deterjen khusus untuk mesin cuci. Salah menggunakan deterjen akan mempengaruhi kinerja mesin cuci Anda. Jika sudah rusak tentu Anda harus membawanya ke tukang service mesin cuci agar dapat berfungsi seperti sediakala. 

Itulah beberapa penyebab mesin cuci di rumah Anda mengalami masalah. Dengan mengetahui informasi diatas, semoga bermanfaat untuk Anda. 

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top